Penjelasan Singkat dan Mudah tentang IoT (Internet of Things)



Penjelasan Singkat dan Mudah tentang IoT (Internet of Things)

Penjelasan Singkat dan Mudah tentang IoT (Internet of Things)

Penjelasan Singkat dan Mudah tentang IoT (Internet of Things) - Mungkin anda sudah sering mendengar orang-orang berbicara tentang IoT (Internet of Things). Namun masih banyak juga orang yang masih bingung dengan konsep IoT tersebut. IoT akan sangat memiliki pengaruh di kehidupan manusia dan bagaimana IoT bisa membantu memudahkan kehidupan manusia dalam beraktifitas. Kebingungan itu karena konsepnya begitu luas dan tidak jelas. Tentu akan sulit untuk memahami konsep di kepala anda ketika ada begitu banyak contoh dan kemungkinan di IoT.

Koneksi internet adalah sesuatu yang luar biasa karena bisa memberi banyak kemudahan dan manfaat bagi kehidupan manusia saat ini. Bayangkan ketika pertama kali anda memiliki ponsel, yang bisa anda lakukan hanyalah menelepon dan SMS, tapi sekarang dengan kemajuan teknologi ponsel berubah menjadi telepon pintar (smartphone) yang memiliki fitur-fitur yang tak terbayangkan sebelumnya. Dengan smartphone, anda bisa menelepon, SMS, video call, membaca buku, menonton tayangan TV, mendengarkan lagu dan tentu masih banyak lagi. Ketika ada sesuatu yang terhubung ke internet, itu berarti anda dapat mengirim informasi atau menerima informasi, atau keduanya. Kemampuan untuk mengirim atau menerima informasi ini membuat hal-hal menjadi lebih mudah dan tentunya menjadi pilihan yang smart.

IoT (Internet of Things) secara literal yaitu Internet untuk segala hal.  Kata-kata ‘Internet of things’ memiliki dua bagian penting yaitu ‘Internet’ sebagai penopang konektivitas dan ‘things’ yang berarti benda/perangkat. Ketika anda memiliki ‘benda’ lalu mengumpulkan datanya dan mengirimnya ke Internet, data-data inilah yang juga bisa di akses oleh ‘perangkat’ lain. Mudahnya IoT adalah jaringan Internet yang terhubung dengan banyak benda/perangkat dan mampu mengumpulkan/bertukar data.

Konsep ini pada dasarnya menghubungkan benda/perangkat apa pun yang memiliki tombol on dan off serta bisa terhubung  dengan Internet. Jika benda/perangkat tersebut memiliki tombol on dan off maka besar kemungkinan itu bisa menjadi bagian dari IoT. Mulai dari ponsel, pembuat kopi, mesin cuci, headphone, lampu, dan hampir semua benda/perangkat yang anda pikirkan.

Misalnya, anda memiliki smart AC (air conditioning) di rumah yang terhubung ke internet (‘benda’ yang terhubung ke internet). Sekarang, bayangkan hari ini sangat panas tapi anda sudah berada di kantor dan anda ingin saat tiba di rumah udara di dalamnya bisa menjadi dingin. Anda dapat mengendalikan/menyalakan AC dengan menggunakan smartphone anda (‘perangkat’ lain yang terhubung ke internet). Itulah bagaimana konsep IoT bekerja. Secara teknis, dengan internet, anda dapat mengontrol sistem AC di rumah anda dari belahan dunia mana pun selama AC dan ponsel anda terhubung dengan Internet. 

Sama halnya dengan kemudahan menggunakan smartphone untuk berkomunikasi, saat ini dengan adanya IoT tersebut akan sangat memudahkan manusia dalam menjalani kehidupan.

With Digital We Empowering You!

Jasa Pembuatan Sistem Informasi Pendaftaran Test PCR / SWAB, Rapid Antigen  dan Vaksin COVID 19

Jasa Pembuatan Sistem Informasi Pendaftaran Test

Ditengah kondisi pandemi yang terus kita lalui, kebutuhan untuk test menjadi sangat tinggi. Baik itu test PCR, SWAB test ataupun test Rapid Antigen, banyak layanan kesehatan yang kewalahan menampung antrian test karena banyaknya yang ingin melakukan test dan datang langsung sehingga terkadang terjad

Tempat Magang Program Kampus Merdeka Belajar di Perusahaan Teknologi di Jogja, Klaten, Jawa Tengah

Tempat Magang Program Kampus Merdeka Belajar di

Tempat Magang Program Kampus Merdeka Belajar di Perusahaan Teknologi di Jogja, Klaten, Jawa Tengah dan Sekitarnya. Gebrakan yang luar biasa hadir dibawah tangan dingin Mas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Mulai dari program Indonesian International Student Mobility Awards yang m

Lowongan Magang di Perusahaan Startup Teknologi di Klaten, Jawa Tengah 2021

Lowongan Magang di Perusahaan Startup Teknologi

Sebagai perusahaan pembuatan software dan pembuat aplikasi IoT (Internet of Things), IDMETAFORA adalah gudang berkumpulnya para profesional di bidang teknologi di Jogja yang kini melebarkan sayap dengan membuka cabang di Klaten, Jawa Tengah. Terlebih saat perusahaan ini mengambil langkah untuk ekspa




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Rumah Sakit Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia