Kabar Pasar IoT Menurut “2018 IoT Intelligence Market Study Report”



Kabar Pasar IoT Menurut “2018 IoT Intelligence Market Study Report”

Kabar Pasar IoT Menurut “2018 IoT Intelligence Market Study Report”

Kabar Pasar IoT Menurut “2018 IoT Intelligence Market Study Report” - Dunia IoT (Internet of Things) yang sedang menjadi topik pembicaraan populer di era industri 4.0 kini semakin menarik perhatian saja setelah hasil penelitian terbaru dari Dresner Advisory Services akhirnya diterbitkan. Dresner Advisory Services sendiri adalah sebuah perusahaan analis independen yang khusus bergerak di bidang Business Intelligence dan pasar terkait. Hasil utama penelitian “2018 IoT Intelligence Market Study Report” ini melaporkan bahwa saat ini 32% responden sedang berinvestasi di IoT dan 48% responden lainnya berencana untuk berinvestasi di IoT dalam dua tahun ke depan. Laporan studi pasar yang merupakan bagian dari rangkaian penelitian Wisdom of Crowds tersebut juga menunjukkan bahwa mayoritas investasi di IoT akan difokuskan pada bidang analisis data dan infrastruktur. Penelitian ini cukup valid karena didasarkan pada pada data-data mengenai tren penggunaan dan penyebaran IoT, produk, dan vendor. Reviews, ketertarikan pengguna, dan angka permintaan bidang business intelligence terhadap IoT pun dijadikan sebagai data penelitian. Tak cukup berhenti di situ, penelitian juga turut menguji hal-hal yang berkaitan dengan teknologi, seperti informasi lokasi, end user data preparation, komputasi awan, dan analitik big data.  

Lalu hasil lain yang didapatkan? Jim Ericson, wakil presiden Dresner Advisory Services, mengatakan bahwa meskipun penggunaan IoT saat ini masih berada pada tingkat yang rendah, pengunaan IoT mengalami sedikit kenaikan dari tahun 2017. Pernyataan tersebut diiyakan oleh kepala penelitian sekaligus founder Dresner Advisory Services, Howard Dresner. Dipetik dari dresneradvisory.com, Howard menyampaikan bahwa meskipun pasar masih berada pada tahap awal, mereka percaya bahwa IoT Intelligence, sarana untuk memahami dan memanfaatkan data IoT, akan terus berkembang. Selain yang telah dipaparkan di atas, berikut wawasan penting yang bisa kita dapatkan dari penelitian yang telah dilakukan Dresner Advisory Services, seperti dikutip dari forbes.com:

a. Sales, Marketing, dan Operasional adalah pengguna awal IoT yang paling aktif saat ini. Pemanfaatan potensi IoT untuk mendapatkan feedback pelanggan mengenai produk dan layanan secara real-time tentu merupakan prioritas dan value bagi divisi Sales and Marketing. Di bidang operasional, 12% pemimpin operasional mengatakan bahwa IoT sangat penting untuk mencapai tujuan mereka.

b. Para pelaku industri melihat IoT sebagai elemen yang paling penting untuk mencapai kualitas produk, penjadwalan produksi, dan efektivitas rantai produksi mereka. Sebagai contoh, para pemimpin di perusahaan asuransi memandang IoT sebagai hal penting dalam operasional bisnis karena model bisnis mereka berkonsentrasi pada manajemen keselamatan dan inventarisasi otomatis. Jasa keuangan dan layanan kesehatan adalah bidang usaha selanjutnya yang paling tertarik dengan IoT.

c. Investasi di bidang analitik IoT, pengembangan aplikasi dan keakuratan, dan metrik andal untuk memandu pengembangan adalah aspek yang paling penting dari pengadopsian  IoT saat ini. Investasi dalam data supply chain yang meliputi pengumpulan data, pergerakan, persiapan data, dan manajemen adalah bidang kedua paling penting yang memerlukan investasi IoT.

d. IoT menggunakan beragam kondisi untuk menghasilkan urutan data integral untuk kepentingan analitik, visualisasi lanjut, dan data mining. Pengguna awal IoT dan basis responden yang lebih luas sebagian besar berbeda dalam pemprioritasan analitik IT, informasi lokasi, integrasi dengan proses operasi, analisis in-memory, open source software, dan edge computing. Data mencerminkan bagaimana pengguna awal IoT menjadi lebih cepat  mahir dengan teknologi yang muncul.   

e. Pentingnya analitik yang bersifat prediksi dan tingkat lanjut (advanced and predictive analytics) bagi semua pemimpin yang disurvei berada pada titik yang tinggi. Dari skala 5.0, pentingnya advanced and predictive analytics bagi mereka berada pada skala 3.6, yang menunjukkan bahwa keduanya saat ini dianggap "kritis" atau "sangat penting" bagi sebagian besar responden. Meskipun terjadi sedikit penurunan pada tahun 2017, anggapan terhadap pentingnya keberadaan advanced and predictive analytics menunjukkan tren kenaikan selama lima tahun penelitian. Penguasaan advanced and predictive analytics adalah indikator utama dalam pengadopsian IoT, yang mengindikasikan potensi kemunculan panduan analitik dan proyek produksi IoT lebih banyak pada tahun depan.

f. Fitur yang paling berharga untuk aplikasi advanced and predictive analytics meliputi dukungan untuk berbagai model sebelumnya (regresi), pengelompokan hierarkis, statistik deskriptif, dan dukungan mesin rekomendasi. Manajemen model penting bagi lebih dari 90% responden, yang selanjutnya menunjukkan skala analitik IoT adalah tujuan yang banyak dicari. Analisis geospasial (terkait dengan pemetaan, populasi, demografi, dan data lain yang dihasilkan web), metode Bayesian, dan pilihan fitur otomatis adalah rangkaian fitur yang paling dibutuhkan berikutnya.

g. Akses ke advanced analytics untuk analisis prediktif dan temporal adalah keuntungan penggunaan yang paling penting bagi para pengadopsi IoT saat ini. Keuntungan kedua adalah dukungan untuk iterasi yang mudah dan ketiga adalah proses sederhana untuk modifikasi model yang berkelanjutan.

Perlahan tapi pasti (paling tidak untuk saat ini), perkembangan dunia IoT dan pasarnya semakin menarik untuk kita ikuti. Tentunya hasil penelitian IoT Intelligence yang dilakukan Dresner Advisory Services ini juga dapat menjadi motivasi sekaligus tantangan bagi perusahaan-perusahaan yang bergerak di ranah IoT untuk semakin mengembangkan penemuan-penemuan dan proyek-proyek IoT yang luar biasa.

With Digital We Empowering You!

Jasa Pembuatan Sistem Informasi Pendaftaran Test PCR / SWAB, Rapid Antigen  dan Vaksin COVID 19

Jasa Pembuatan Sistem Informasi Pendaftaran Test

Ditengah kondisi pandemi yang terus kita lalui, kebutuhan untuk test menjadi sangat tinggi. Baik itu test PCR, SWAB test ataupun test Rapid Antigen, banyak layanan kesehatan yang kewalahan menampung antrian test karena banyaknya yang ingin melakukan test dan datang langsung sehingga terkadang terjad

Tempat Magang Program Kampus Merdeka Belajar di Perusahaan Teknologi di Jogja, Klaten, Jawa Tengah

Tempat Magang Program Kampus Merdeka Belajar di

Tempat Magang Program Kampus Merdeka Belajar di Perusahaan Teknologi di Jogja, Klaten, Jawa Tengah dan Sekitarnya. Gebrakan yang luar biasa hadir dibawah tangan dingin Mas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Mulai dari program Indonesian International Student Mobility Awards yang m

Lowongan Magang di Perusahaan Startup Teknologi di Klaten, Jawa Tengah 2021

Lowongan Magang di Perusahaan Startup Teknologi

Sebagai perusahaan pembuatan software dan pembuat aplikasi IoT (Internet of Things), IDMETAFORA adalah gudang berkumpulnya para profesional di bidang teknologi di Jogja yang kini melebarkan sayap dengan membuka cabang di Klaten, Jawa Tengah. Terlebih saat perusahaan ini mengambil langkah untuk ekspa




Our Client's

Some company/organization that have used our services

Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website Corporate dan Korporasi Jasa Pembuatan Website BUMN dan Korporasi Jasa Pembuatan Website di kabupaten musi banyuasin Jasa Pembuatan Website Kementerian dan Dinas Jasa Pembuatan Website Professional Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Yogyakarta Jasa Pembuatan Website Rumah Sakit Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Jasa Pembuatan Website Sistem Informasi Manajemen Proyek di Klaten Jasa Pembuatan Website Pemerintahan di Karang Anyar Jasa Pembuatan Website Professional di Jakarta Indonesia Web Developer di Jakarta Indonesia Web Developer Universitas di Yogyakarta Indonesia Web Developer Perbangkan di Yogyakarta Indonesia